12 August 2021, 21:05 WIB

Ratusan Prajurit TNI AL di Juanda Donor Darah dan Plasma Konvalesen


Heri Susetyo | Nusantara

RATUSAN prajurit TNI Angkatan Laut mengikuti kegiatan donor darah dan plasma konvalesen. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Prajurit Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Kamis (12/8). 

Kegiatan donor darah dan plasma konvalesen dilakukan di Balai Prajurit RM Moedjono P Puspenerbal Juanda Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini adalah yang kedua diadakan Puspenerbal di bulan Agustus.

Pada kegiatan tersebut ada 327 prajurit TNI  AL yang turut melakukan donor darah. Sementara yang ikut donor plasma konvalesen sebanyak 65 orang. 

Khusus yang ikut donor plasma konvalesen masih harus diambil sampel darahnya. Selanjutnya sampel darah akan dicek di laboratorium untuk dilihat apakah antibodinya mencukupi. Pada kegiatan sebelumnya ada 25 prajurit TNI AL yang bisa lolos donor plasma konvalesen. 

"Semoga yang menjalani skrining plasma konvalesen hari ini bisa lolos semua," kata Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin. 

Menurut Edwin, plasma konvalesen akan digunakan untuk membantu upaya penyembuhan warga terpapar covid-19. Terutama pasien covid-19 di Kabupaten Bangkalan Madura yang dalam beberapa pekan terakhir melonjak. 

Edwin menambahkan, kegiatan donor darah dan plasma konvalesen TNI AL ini dilakukan secara serentak di tanah air. (HS/OL-10) 

BERITA TERKAIT