12 August 2021, 20:59 WIB

Kabupaten Tuban Optimistis Akan Segera Menjadi Zona Kuning Covid-19


M Yakub | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur optimistis pada pekan mendatang status wilayahnya bakal turun menjadi zona kuning dari PPKM Level 3. Hal ini karena angka kasus positif Covid-19 menunjukkan tren menurun.

Hal itu disampaikan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky memantau pelaksanaan vaksinasi Merdeka Semeru bagi Penyandang Disabilitas di Mapolres Tuban, Selasa (10/8). Bupati mengungkapkan, penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Tuban dilaksanakan dengan menerapkan sejumlah langkah, diantaranya percepatan vaksinasi dan penerapan kebijakan PPKM.

Pemkab Tuban bersama Polres dan Kodim Tuban terus menggalakkan percepatan vaksinasi hingga ke desa-desa. Saat ini program vaksinasi di Tuban telah mencapai lebih dari 150 ribu suntikan untuk dosis pertama. "Pemkab Tuban bersama TNI-Polri saling bersinergi untuk menyukseskan program vaksinasi tersebut,� ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, Tuban berstatus PPKM Level 3 atau Zona Oranye. Berdasarkan hasil laporan dari Satgas Covid-19, penambahan angka kasus positif Covid-19 menunjukkan tren melandai bahkan menurun.

"Kita optimistis pekan ini kita akan menjadi Zona Kuning, menunggu pengumuman resmi dari Pemprov dan Pemerintah Pusat," tambahnya.

Bupati menuturkan, Pemkab Tuban berkomitmen untuk mematuhi intruksi dari pemerintah pusat. Jika pemerintah pusat telah mengizinkan adanya pelonggaran pada beberapa sektor, maka Pemkab Tuban akan menerapkan hal tersebut.

Meski demikian akan dikaji sektor mana saja yang mendapat pelonggaran. Pada kesempatan itu, tercatat  99 orang penyandang disabilitas mendapat suntikan vaksin. (OL-15)

BERITA TERKAIT