12 August 2021, 20:03 WIB

Kota Malang Dorong Penggunaan Terapi Plasma Konvalesen


Bagus |

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur, mendorong donor plasma konvalesen untuk membantu pasien yang berjuang untuk melawan covid-19. "Kepedulian donor plasma ini untuk membantu saudara kita yang memerlukan plasma darah," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (12/8).

Ia menjelaskan pasien yang sudah sembuh dari covid-19 dimotivasi untuk berbagi dan meningkatkan kepedulian berdonor. Pasalnya kasus terkonfirmasi positif covid-19 terjadi setiap hari.

Selama ini, lanjutnya, PMI dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Malang terus bergerak untuk mendapatkan lebih banyak plasma. Karena itu petugas mendorong warga untuk mendonorkan darah.

Pentingnya donor plasma ini karena bermanfaat untuk membantu pasien yang sedang berjuang untuk sembuh. Sutiaji mengatakan sembuh dari terpapar covid-19 dengan bantuan terapi plasma.

Dalam waktu dekat, kata Sutiaji, ada 90 orang mendonorkan plasma di  PMI dan PDDI. Pendonor dari masyarakat umum, TNI dan Polri. "Setetes darah sangat bermanfaat bagi sesama," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Universitas Brawijaya Malang Sasmito Djati menyatakan donor plasma menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan kesembuhan. "Donor plasma itu paling efektif sebagai terapi imun," ujarnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT