12 August 2021, 15:42 WIB

Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Sulsel Hanya Diikuti 40 Orang


Lina Herlina | Nusantara

HARI Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini, kembali dirayakan di masa pandemi Covid-19. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pun akan merayakannya secara terbatas Hal itu sama dengan tahun lalu, diutamakan secara sederhana.

Meski demikian, Ketua Panitia HUT RI Pemprov Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo menjelaskan, meski terbatas, akan dilakukan penyerahan Satya lencana kepada legiun veteran sebagai tanda kehormatan pada 16 Agustus 2021. Selanjutnya ada pengukuhan Paskibraka.

Rangkaian acaranya kita laksanakan mulai 16 Agustus. Yang pertama tetap penyerahan Satya lencana tanda kehormatan. Selanjutnya jam 12 siang pengukuhan paskibraka di hari yang sama.

"Malamnya jam 23.30 Wita, kita ke Taman Makam Pahlawan untuk renungan suci. Besoknya kita laksanakan upacara jam 8 pagi," jelas Ashari.

Jumlah peserta upacara katanya, dibatasi 40 orang untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menularkan covid-19. Selain itu, para peserta juga wajib menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, mengikuti swab antigen, dan menjaga jarak.

"Sama seperti dulu. Yang dikurangi peserta upacara. Kita di setiap kesatuan sudah kerja sama dengan Kodim Makassar. Jadi setiap kesatuan 5 orang. Makanya itu 40 orang peserta upacara semua. Dengan jarak protokol kesehatannya, jarak 2 meter," kata Ashari.

Terbatasnya peserta, tidak berlaku untuk anggota pasuka pengibar bendera (Paskibra). Tetap dengan formasi lengkap, 8, 17 dan 45 orang.

"Jika nanti sebelum kegiatan ada yang ditemukan positif berdasarkan tes rapid antigen, maka anggota yang bersangkutan akan diganti dengan perwakilan dari daerahnya," tutup Ashari. (LN/OL-09)

BERITA TERKAIT