11 August 2021, 13:41 WIB

Isolasi Pasien Covid-19 Apung Makassar Jadi Percontohan di Indonesia


Lina Herlina | Nusantara

PEMERINTAH Kota Makassar sejak sepekan terakhir melakukan penanganan pasien Covid-19 dengan memberlakukan isolasi apung di Kapal Motor (KM) Umsini. Dan Direktorat Jenderal Perhubungan laut, Kementerian Perhubungan pun akan menjadikan sebagai percontohan di Indonesia.

Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo pun dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, mengunjungi dan naik ke kapal yang terparkir di sekitar Pantai Losari dan Pulau Lae-lae, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Agus mengaku senang bisa melihat langsung kondisi isolasi apung itu. "Kapalnya cukup lumayan bersih, rapi, petugasnya juga memenuhi persyaratan, saya dan wali kota (Danny Pomanto) berbincang dengan pasien di sana, selama dirawat selama 5- 6 hari mereka senang tidak stres dan enjoy, " serunya.

Harapannya, masyarakat dapat menggunakan fasilitas isolasi apung mandiri yang disediakan pemerintah Kota Makassar. "Waktunya masyarakat memanfaatkan itu semua kapasitas kapal masih ada, masih ada pasien di sana 50 orang dan baru 5 hari sudah turun 43 pasien," lanjut Agus.

Dia mengungkapkan, saat ini, tim perhubungan laut dan Pelni juga sudah mulai mengkoordinasikan isolasi apung di Minahasa, Bitung, Sorong dan Belawan menyusul Jayapura dan Lampung.

"Ternyata multiplier efect dari isoman (isolasi mandiri) bahwa seluruh kementrian dan masyarakat berbondong-bondong berpartisipasi mensukseskan ini kita harus berterima kasih kepada Pemkot Makassar," ungkap Agus..

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto bersyukur dapat perhatian dari pemerintah pusat dengan kehadiran Dirjen Perhubungan Laut. "Saya sangat bahagia, karena apa yang telah disampaikannya tentang isolasi apung terbukti sangat terbukti dan bermanfaat.," serunya.

Wali Kota Makassar ini menjelaskan jika untuk gelombang pertama isolasi apung di KM Umsini, itu mereka hanya 5-6 hari sudah bisa pulang padahal standarnya itu 10 hari. "Jadi ini memang sangat membantu, karena imun bisa lebih cepat membaik," pungkas Danny. (LN/OL-09)

BERITA TERKAIT