10 August 2021, 17:40 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Tinjau Vaksinasi Nelayan di Tegal


Supardji Rasban | Nusantara

MENTERI Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, meninjau langsung proses vaksinasi nelayan dan keluarganya di Pelabuhan Perikanan Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (10/7).
     
Pada kegiatan vaksinasi terhadap nelayan dan keluarganya tersebut, sedikitnya 500 nelayan dan masyarakat yang bermukim di sekitar Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal divaksin. "Vaksinasi ini memang harus benar-benar kita genjot. Ini salah satu upaya kita dalam menjaga produktivitas sektor KP. Kita juga mengupayakan nelayan terlindungi," ujar Trenggono.
     
Trenggono mengimbau masyarakat untuk tidak melewatkan vaksinasi kedua supaya vaksin yang masuk ke tubuh berfungsi lebih optimal. Trenggono yang didampingi Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. "Salah satunya yang paling penting memakai masker dan menjaga kebersihan," ucap Trenggono.
     
Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 nelayan, Trenggono juga berkeliling pelabuhan. Ia berjanji akan membangun pelabuhan Perikanan Tegalsari menjadi lebih bersih dan higienis dari kondisi sekarang.
      
"Pelabuhan akan kita bikin sebagus mungkin saya belum tahu angkanya berapa tetapi idealnya adalah pelabuhan yang sangat higienis yang sangat bersih yang ada doknya artinya kalau teman-teman kesini gak kaya gini, (sambil menunjukkan sepatu boot yang dipakai tanda jalanan becek)," ucap Trenggono.
     
Trenggono berani menyampaikan karena sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait pengelolaan Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal ke depan. "Karena saya sudah berkoordinasi dengan bapak Gubernur Jawa Tengah dan Bapak Gubernur setuju untuk menyerahkan pelabuhan ini kepada Kementerian Pusat maka saya sudah minta kepada Pak Dirjen untuk segera dibangun," terangnya.
 
Trenggono mengaku sudah berjanji kepada Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota Tegal dan seluruh nelayan supaya menjadi pelabuhan yang ikonik pelabuhan yang sangat bersih dan sangat bagus. 

"Pembangunan bisa segera mudah-mudahan September-Oktober akhir tahun ini bisa kelihatan desain besarnya sehingga pada tahun 2022 kita bisa mulai," jelas Trenggono.

Trenggono juga menyinggung soal jaring penangkap ikan. "Jaring cantrang sudah diganti, komitmennya langsung dari nelayan. Tolong sampaikan ke publik, nelayan Tegal sudah sepakat akan mengganti jaring cantrang ke jaring kantung lebar," pungkasnya. (JI/OL-10)

 

BERITA TERKAIT