08 August 2021, 13:10 WIB

Klaten Kembali Evakuasi 30 Warga Terpapar Covid-19 ke Donohudan


Djoko Sardjono |

APARAT gabungan Polda Jawa Tengah, Kodam IV Diponegoro, Polres dan Kodim, serta Pemkab Klaten, mengevakuasi 30 warga terkonfirmasi positif yang isolasi mandiri di rumah ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Sabtu (7/8).

Puluhan warga yang positif terpapar covid-19 yang dipindahkan dari tempat isolasi mandiri di rumah masing-masing ke tempat isolasi terpusat Donohudan, Boyolali. Mereka adalah warga dari berbagai wilayah di Kabupaten Klaten.

''Warga yang dievakuasi ke tempat isolasi terpusat di Donohudan, terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan,'' kata Kapolres Klaten AKB Eko Prasetyo diwakili Kepala Sub-Bagian Humas Polres Klaten, Iptu Nahrowi, Minggu (8/8).

Sebanyak 30 warga terkonfirmasi positif covid-19 diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan dari GOR Gelarsena Klaten, dengan tiga bus Brimob dan dikawal aparat TNI-Polri. GOR juga tempat isolasi terpusat di Klaten, khusus laki-laki.

Evakuasi warga terkonfirmasi positif dari tempat isolasi mandiri di rumah ke lokasi isolasi terpusat akan terus dilanjutkan. Ini langkah paling efektif untuk mencegah penularan covid-19 saat ini, khususnya dari klaster keluarga.

''Sebagaimana perintah Bapak Kapolda, kebijakan evakuasi pasien isolasi mandiri di rumah ke isolasi terpusat akan terus dilakukan. Evakuasi bisa di Donohudan atau tempat isolasi terpusat di Klaten, tergantung kapasitas,'' imbuhnya.

Menyikapi perkembangan covid-19 di Klaten, saat ini, Nahrowi mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, serta aturan dalam PPKM Level IV yang diterapkan di Kabupaten Klaten, 3-9 Agustus 2021. (JS/OL-10)

BERITA TERKAIT