08 August 2021, 17:52 WIB

Kebakaran Savana di Pulau Komodo Mulai Padam


John Lewar |

KEBAKARAN yang melahap savana di kawasan barat Pulau Komodo milik Taman Nasional yang terjadi sejak Sabtu (7/8) kemarin dilaporkan sudah berangsur padam. Saat ini, puluhan petugas pemadam dari satuan Rangers maupun polisi jagawana masih bersiaga di lokasi untuk memastikan api telah benar-benar padam.  

"Seluruh petugas pemadam dan saya sendiri masih tetap bersiaga di lokasi kejadian. Ini untuk memastikan sejumlah areal yang terbakar itu telah benar-benar padam," terang Kepala Balai Taman Nasional Komodo  Lukita Awangsaat dihubungi Minggu (8/8).

Para nelayan kawasan Pulau Komodo menyatakan kepulan asap dari puing-puing kayu yang masih ada di areal kebakaran Savana itu masih terjadi. Lukita mengatakan kebakaran sedikitnya melahap 10 hektare savana. "Seluruh petugas masih tetap berada di lokasi memantau pergerakan api bila ada kemungkinan terjadi lagi maka akan segera dipadamkan," katanya

Tentang penyebab kebakaran, jambah Lukita, hingga kini masih dalam penyelidikan. "Kemungkinan besar faktor alam karena memang cuaca di lokasi sangat panas dan gersang," ujar Lukita. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT