07 August 2021, 17:25 WIB

Aksi Solidaritas untuk Pasien Covid-19 "Roa Jaga Roa" Hadir di Palu


M Taufan SP Bustan | Nusantara

ALIANSI jurnalis bersama warga sipil di Palu, Sulawesi Tengah, membentuk gerakan yang diberi nama Roa Jaga Roa yang berartikan Teman Jaga Teman untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19 di provinsi itu.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu sekaligus relawan posko gerakan Roa Jaga Roa Mohammad Iqbal mengatakan, pihaknya hadir di tengah masyarakat untuk membantu mencarikan akses terhadap layanan tempat tidur rumah sakit, oksigen hingga obat-obatan.

Sejauh ini, menurutnya, gerakan Roa Jaga Roa telah membantu sedikitnya 224 masyarakat di Palu yang menjalankan isolasi mandiri di rumah, dengan menyuplai kebutuhan makan siang dan malam, menghubungkan pasien isoman dengan tenaga kesehatan, membantu pasien mendapatkan suplai oksigen.

“Kami juga membantu pasien untuk mendapatkan fasilitas ambulans dan lainnya,” ungkap Iqbal di Palu, Sabtu (7/8).

Baca juga: Sumbar Terima Bantuan Konsentrator Oksigen dan Ventilator dari Presiden

Gerakan Roa Jaga Roa sendiri bergerak dengan menggunakan dana iuran para relawan dan bantuan dari donatur.

Iqbal menjelaskan, para relawan yang terdiri dari jurnalis dan warga sipil tergerak untuk membantu sekaligus menjembatani kebutuhan masyarakat di masa pandemi karena melihat tingkat kepercayaan masyarakat yang sudah menurun terhadap tenaga kesehatan dan aparat.

“Ketika masyarakat yang isoman mengadukan kebutuhan mereka ke kelurahan, proses birokrasi yang lama membuat pasien tidak segera tertangani, jadi seperti tidak ada kedaruratannya,” katanya.

Atas alasan inilah, lanjut Iqbal, banyak masyarakat yang enggan melaporkan kondisi mereka sehingga akhirnya pasien isoman banyak tidak terdeteksi.

“Kehadiran kami tidak mengambil alih fungsi tenaga kesehatan, kami hanya menjembatani,” tegasnya.

Iqbal berharap, agar daerah lain menginisiasi gerakan serupa untuk membantu masyarakat menghadapi krisis di tengah pandemi.

Salah satu warga Palu Ikram mengaku, sangat terbantu dengan adanya Gerakan Roa Jaga Roa.

Menurutnya, selama ia isoman sampai dinyatakan negatif Covid-19, kebutuhan obat, vitamin, hingga makanan bersama keluarganya dipenuhi oleh Roa Jaga Roa.

“Saya sangat berterima kasih untuk itu semua. Roa Jaga Roa benar-benar perhatikan kami. Alhamdulillah hari ini kami sudah swab dan hasilnya negatif,” tutup Ikram. (OL-4)

BERITA TERKAIT