06 August 2021, 21:29 WIB

Polda Jambi dan LPPPI Donasikan Oksigen Gratis Bagi Pasien Covid-19 di Rumah Sakit


mediaindonesia.com | Nusantara

BERSAMAAN dengan bertambahnya kasus Covid-19, jumlah pasien di rumah sakit turut meningkat. Peningkatkan jumlah pasien yang terpapar virus koron, kebutuhan terhadap oksigen turut meningkat.

Bahkan di beberapa daerah, rumah sakit mengalami kehabisan stok oksigen untuk pasien Covid-19. Namun kini sejumlah pihak saling bahu-membahu membantu rumah sakit yang kekurangan tabug oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19.

Polda Jambi dengan didukung  APP Sinar Mas melalui unit usahanya, PT. Lontar Papyrus Pulp & Papper Industry (LPPPI) memberi bantuan tabung oksigen cair ke rumah sakit yang merawat pasien Covid-19.

Polda Jambi bersama LPPPI bersinergi membantu 150 tabung oksigen per hari untuk mengantisipasi kelonjakan kebutuhan oksigen di beberaa rumah sakit di wilayah Provinsi Jambi. Adapun jumlah yang telah disumbangkan dari Juli hingga Agustus 2021 tercatat sebanyak 652 tabung oksigen. 

Untuk memudahkan pendistribusian oksigen, Polda Jambi melalui Direktorat Lalulintas mengawal langsung bantuan oksigen cair dari LPPPI agar bisa cepat sampai tujuan.

Dalam sambutannya, Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK, mengatakan, pemberian oksigen secara gratis ini merupakan bentuk komitmen Polda Jambi untuk turut memikirkan solusi atas kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam kelangkaan oksigen beberapa waktu terakhir.

"Saya sangat mengapresiasi atas bantuan oksigen cair yang diberikan oleh PT. Lontar Papyrus Pulp & Papper Industry. Kita bersinergi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan oksigen," ujarnya pada keterangan pers, Jumat (6/8).

Ia berharap perusahaan lain turut berpartisipasi terhadap penanganan pandemi Covid-19 salah satunya untuk menjaga ketersediaan oksigen di Provinsi Jambi.

Sementara itu Kasatgas Kawal Oksigen Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono, Sh., SIK., MSc (Eng) menyampaikan kegiatan ini hasil koordinasi Polda Jambi dan dunia usaha dalam penanganan Covid-19 yang terintegrasi.

 "Kita berkoordinasi lintas stakeholder, dan alhamdulillah terima kasih kepada perusahaan dan pihak yg melancarkan kegiatan kemanusiaan ini," ungkap Sigit.

Dia melanjutkan untuk pendistribusiannya sendiri, Polda Jambi akan melakukan pengawasan dengan ketat dengan menempatkan satuan Lalu Lintas Polda Jambi untuk melakukan pengawalan agar distribusi oksigen aman dan lancar ke simpul-simpul rumah sakit yang membutuhkan.

"Kita akan terus berkoordinasi menentukan berapa banyak oksigen yang dibutuhkan juga terhadap PT. LPPPI agar seluruhnya lancar tanpa kendala," tambah Sigit.

Disamping itu, Sigit juga menghimbau kepada masyarakat Jambi agar terus mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bahu membahu memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan serta menjaga imunitas tubuh.

"Mari kita sama-sama tegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Kita juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang Covid-19," terang Sigit. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT