03 August 2021, 19:04 WIB

Satgas Nemangkawi Lumpuhkan Satu Anggota KKB di Puncak Jaya


Hilda Julaika | Nusantara

TIM gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi berhasil melumpuhkan satu orang anggota KKB bernama Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi. Peristiwa itu berlangsung pada Selasa (3/8) siang dan berokasi di Kampung Puncak Senyum, Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya.

Langkah penegakan hukum oleh tim gabungan TNI-Polri tersebut dipimpin Ipda Dedi Sudomo. Dalam hal ini, bersinergi dengan Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY dan Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA terhadap seorang DPO KKB bernama Kopengga Enumbi.

Baca juga: 2 Anggota Satgas Pamrahwan Ditembak KKB di Nduga Papua

"Terdapat perlawanan dari pelaku. Sehingga, personel mengambil tindakan tegas dengan menembak pelaku, yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan resmi, Selasa (3/8).

Kemudian, pada pukul 12.00 WIT, jenazah anggota KKB Yambi atau DPO Polres Puncak Jaya itu dibawa ke RSUD Mulia. "Langkah yang dilakukan pihak pepolisian, seperti mendatangi TKP, melakukan tindakan, evakuasi korban ke RSUD Mulia dan meminta visum," jelasnya.

Adapun Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi merupakan DPO Polres Puncak Jaya atas kasus pencurian dengan kekerasan terhadap 8 senjatadi Pospol Kulirik, Kabupaten Puncak Jaya, pada 4 Januari 2014 dan menjadi DPO pada 5 Desember 2018.

Baca juga: Ketua DPRD Tolikara Bantah Danai KKB Untuk Beli Senjata

Selama ini, Kopengga Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi dibawah pimpinan Lekagak Telenggen. Kemudian, dia juga merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi KKB Yambi.

Upaya penegakan terhadap Kopengga Enumbi merupakan hasil sinergitas antara Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY, Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA, beserta jajaran Apintel di Kabupaten Puncak Jaya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT