03 August 2021, 17:21 WIB

Stok Vaksin Covid-19 di Kota Pangkalpinang Kosong


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Masagus Hakim, membenarkan saat ini stok vaksin covid-19 untuk masyarakat umum kosong. Akibatnya, sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) terpaksa tutup.

"Ya memang benar stok kami kosong. Sejumlah faskes untuk saat ini tidak  melayani vaksinasi, menunggu stok vaksin ada," kata Masagus, Selasa (3/8).

Saat ini, menurut Masagus, ada stok vaksin tetapi vaksin alokasi khusus. Imbas ketiadaan vaksin, RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang tidak lagi melayani vaksinasi hingga batas waktu yang belum dtentukan.

Pihak RSUD juga memasang pamflet di media sosial yang berisi informasi bahwa stok vaksin kosong. Selain RSUD, layanan vaksin di sejumlah puskesmas juga dihentikan sementara waktu.

Sekretaris Satuan Tugas Covid-19 Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, penambahan vaksin dalam jumlah besar bakal dilakukan pada Agustus 2021. "Dari rapat koordinasi, penambahannya Agustus besar-besaran," ujar Mikron.

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 Dinkes Kota Sukabumi Habis

Vaksin alokasi khusus yang tersedia saat ini, menurut Mikron, merupakan alokasi bagi TNI dan Polri atau program yang dilaksanakan di tempat tertentu. (OL-14)

BERITA TERKAIT