02 August 2021, 11:27 WIB

Menyulap Rumah jadi Tempat Isoman yang Lengkap Logistik dan Obat


Heri Susetyo | Nusantara

PASANGAN suami istri di Kabupaten Sidoarjo Rahmat Muhajirin dan Mimik Idayana menyulap rumahnya menjadi tempat isolasi mandiri dengan kapasitas 20 orang. Rumah isolasi ini dilengkapi tabung oksigen, obat-obatan dan kebutuhan logistik makan minum gratis tiap harinya.

Rumah pribadi yang dijadikan tempat isoman tersebut terletak di Jalan Kartini Nomor 2 A Kelurahan Sidoklumpuk, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Lokasinya strategis di tengah kota hanya ratusan meter dari alun-alun Sidoarjo. Warga yang menjalani isoman di rumah ini akan disuplai makan minum tiga kali sehari.

"Makan tiga kali sehari, vitamin, buah-buahan dan susu," kata pemilik rumah, Mimik Idayana.

Baca juga: Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

Warga terpapar covid-19 yang diperbolehkan isoman di sini adalah orang yang tanpa gejala atau OTG. Meskipun untuk OTG, rumah isoman juga dilengkapi tabung oksigen dan alat kesehatan lain serta sejumlah obat-obatan hingga satu unit mobil ambulans. Untuk mengoptimalkan praktik isoman, pemilik rumah juga sudah berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

Tempat isoman rumah ini cukup nyaman, luas dan di dalamnya juga ada tempat salat. Bila ada warga terpapar covid-19 dan terkendala tempat isoman bisa menjalani isoman di tempat ini gratis. Cukup menunjukkan KTP dan keterangan positif covid-19.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT