01 August 2021, 21:00 WIB

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan


Ardi T | Nusantara

PEMERINTAH Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan di DIY.

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho menyampaikan, alokasi Danais untuk bantuan keuangan khusus Pemerintah Kalurahan atau Desa sebesar Rp22.6 Miliar yang akan diberikan kepada 392 Kalurahan di DIY.

"Jika semuanya lancar, harusnya awal Agustus 2021 sudah selesai,’’ ungkap Aris dalam siaran pers dari Humas Pemda DIY, Minggu (1/8)

Aris menjelaskan, nantinya tiap kelurahan atau desa akan mendapatkan alokasi dana paling rendah Rp.50 juta dan paling tinggi Rp.145 juta.

Aris menggarisbawahi, besar kecilnya dana yang diterima bukan berdasarkan banyaknya jumlah penduduk atau luas wilayah kalurahan tersebut. Adanya perbedaan jumlah ini disesuaikan dengan faktor adanya Jaga Warga, jumlah RT merah pada kalurahan tersebut, banyak tidaknya yang melakukan isolasi mandiri.

Baca juga : Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

Nantinya, desa bisa memanfaatkan Danais ini untuk percepatan penangangan covid- 19. Percepatan ini bisa berbeda di masing-masing desa, tergantung kondisi desa tersebut. Bervariasi mulai dari edukasi, pemulasaraan jenazah, operasional shelter, sembako, penguatan satgas, dan lain sebagainya.

Untuk bisa mencairkan bantuan keuangan, pemerintah desa/kelurahan harus melakukan perubahan APBDes terlebih dahulu. Jika sudah siap, dana keistimewaan DIY untuk kelurahan yang bersangkutan bisa dicairkan.

Aris menjelaskan, pihaknya tidak bisa mengucurkan Danais tersebut kepada desa yang belum melakukan perubahan APBDes, karena akan menyalahi aturan. Namun apabila desa sudah memenuhi syarat tersebut, Danais bisa segera cair. (OL-2)

BERITA TERKAIT