31 July 2021, 17:10 WIB

Pemkot Bandung Izinkan Pasar Kembali Dibuka


Bayu Anggoro | Nusantara

PEMERINTAH Kota Bandung, Jawa Barat mulai membuka aktivitas perdagangan. Salah satunya di Pasar Baru yang berada di Jalan Otto Iskandardinata. Sebanyak 25% pedagang dari total 4.200 sudah kembali berjualan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung (HP2B), Iwan Suhermawan, merasa bersyukur pihaknya sudah diperbolehkan kembali berjualan setelah hampir sebulan lebih tidak beraktivitas. "Pasar Baru sudah buka, masyarakat, pengunjung, dan pembeli jangan sungkan ke Pasar Baru," katanya di Bandung, Sabtu (31/7).

Iwan memastikan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan sehingga warga tidak perlu ragu. Selain adanya pengetatan pengunjung, pengelola punn menyiapkan berbagai fasilitas kebersihan seperti tempat mencuci tangan dan disinfektan.

Terlebih, menurutnya tidak semua pedagang yang diperbolehkan berjualan. Saat ini hanya 50% penjual yang diperbolehkan membuka lapaknya.

"Jangankan pembeli, pedagang saja tidak tahu semua kalau sudah boleh berjualan. Jadi kami gunakan sistem ganjil genap, sesuai nomor lapak pedagang," ujarnya.

Lebih lanjut Iwan katakan, selama pandemi ini pihaknya banyak mengalami kerugian, terutama saat diberlakukannya PPKM. "Banyak penjual di kami yang sudah kehabisan modal," ucapnya.

Kondisi ini, lanjut Iwan, diperparah dengan tidak adanya bantuan dari pemerintah. Padahal, pada sisi lain menurutnya Pasar Baru menyumbangkan PAD bagi pemerintah. "Belum pernah ada bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Padahal, meski sudah kembali berjualan, menurutnya penjualan di Pasar Baru masih sepi seiring situasi pandemi yang masih terjadi. Dia pun berharap ada bantuan sosial dari pemerintah mengingat banyaknya  pekerja di Pasar Baru ini.

"Jangan untuk pedagang, bantuan ini untuk karyawan saja. Karena meski sekarang buka, belum tentu ada penjual yang laku dagangannya dalam sebulan ini," ucapnya.

Dia pun berinisiatif dengan sesama pemilik lapak untuk membuat dapur umum. "Kami akan membuat dapur umum, yang nanti masakannya akan diberikan kepada pekerja di sini," ucapnya.

Perumda Pasar Baru Kota Bandung mengeluarkan surat edaran pada Kamis (29/7) yang membolehkan pedagang di pasar kembali berjualan. Dalam aturan itu, pedagang diperbolehkan beraktivitas asalkan tidak melebihi 50% dari kapasitas. Jam operasional dari pukul 08.00 sampai 15.00  (OL-15)

BERITA TERKAIT