31 July 2021, 16:17 WIB

Pusri Sediakan 3 Ton Oksigen Per Hari


Dwi Apriani | Nusantara

SEBAGAI upaya mendukung ketersediaan oksigen selama pandemi Covid-19, PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) menyediakan 3 ton oksigen per hari untuk masyarakat Sumatera Selatan. Bahkan sejak beberapa minggu belakang, Pusri sudah mengirimkan oksigen ke sejumlah daerah lain, seperti Provinsi Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah (Solo dan Boyolali).

Vice President Humas PT Pupuk Sriwidjaja, Soerjo Hartono mengatakan menyediakan oksigen di masa pandemi adalah salah satu bentuk social responsibility (CSR) perusahaan. "Kita memiliki pabrik yang dapat menghasilkan nitrogen sebagai produk utama dan oksigen sebagai produk sampingan. Nitrogen ini kita pakai untuk produksi pupuk, sementara oksigen digunakan untuk mensuplai rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan selama ini," kata Soerjo, Sabtu (31/7).

Selama dua minggu ini, sudah banyak permintaan oksigen dari provinsi lain. Karena kebutuhan oksigen semakin besar, maka Pusri pun mengeluarkan kebijakan untuk mensuplai oksigen kepada masyarakat secara langsung.

"Kita membuka posko layanan pengisian tabung gas untuk masyarakat umum dan juga fasilitas kesehatan selama 24 jam di area kantor Pusri. Pengisian tabung gas ini adalah gratis, jadi masyarakat cukup membawa tabungnya dan menunjukkan identitas diri sebagai pendataan," jelasnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya pengisian tabung oksigen secara gratis ini diharapkan masyarakat Sumsel tidak perlu kuatir atas ketersediaan oksigen di wilayah ini. Soerjo menegaskan, Sumsel memiliki stok oksigen yang sangat melimpah, sehingga sangat aman selama pandemi ini berlangsung.

"Dalam pengisian tabung oksigen ini tentunya juga menerapkan protokol kesehatan. Kita menyediakan kursi bagi masyarakat dengan pengaturan jarak. Pengisian oksigen untuk masyarakat ini juga tidak memerlukan waktu lama, karena kami sudah menyiapkan depo pengisian tabung gas, sehingga bisa mengisi ulang tabung yang dibawa masyarakat," ucapnya.

Pihaknya masih membuka kerjasama pendistribusian oksigen bagi provinsi atau daerah lain yang membutuhkan. "Walau kita membantu suplai distribusi oksigen untuk provinsi atau daerah lain, tapi kita pastikan kebutuhan oksigen untuk masyarakat Sumsel sangat cukup," katanya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT