30 July 2021, 07:45 WIB

NasDem NTT Targetkan Vaksinasi 3.000 Orang higga Akhir 2021


Palce Amalo | Nusantara

DEWAN Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar vaksinasi Covid-19 sejak dua hari terakhir yang dipusatkan di Kantor DPW Jalan Frans Seda, Kelurahan Fatululi, Kota Kupang.

Sekretaris DPW NasDem NTT Yusak Meok mengatakan vaksinasi mengunakan sinovac, digelar untuk dosis pertama dan kedua menjangkau antara 200-250 per minggu. Namun capaian itu bergantung dari persediaan vaksin. "Dalam perencanaan kami, sebanyak 3.000 orang divaksinasi sampai akhir tahun," katanya kepada wartawan, Jumat (20/7).

Vaksinasi di gedung NasDem tersebut sejalan dengan gerakan nasional vaksinasi Covid-19 yang sudah dicanangkan DPP Partai NasDem untuk meningkatkan percepatan vaksinasi. "Program NasDem Peduli ini untuk mendukung program pemerintah untuk mencapai herd immunity, sudah saatnya kita mengambil peran untuk pemerintah," ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPW NasDem NTT, Deby Veronika Abineno mengatakan vaksinasi diberikan kepada warga berusia 18-59 tahun, awalnya tidak dipublikasikan untuk mencegah timbulnya kerumuman. "Kami mengambil data dari masing-masing kelurahan sebanyak 30 orang, mereka akan menerima pesan singkat SMS untuk datang ke kantor NasDem," kata dia.

Warga menerima pesan singkat satu hari sebelum kegiatan vaksin dimulai, selanjutnya mereka datang kantor NasDem secara bertahap sesuai waktu yang disebutkan di SMS. "Setiap jam hanya diperbolehkan antara 15-20 orang. Setelah tiba di Kantor NasDem, mereka akan memperlihatkan bukti SMS kepada petugas di pintu masuk, kemudian diarahkan naik ke lantai tiga untuk divaksin," jelasnya.

Dengan cara tersebut, tambahnya, pelaksanaan vaksin berjalan rapi dan aman bagi peserta maupun petugas. "Kami koordinasi dengan gugus tugas dan sudah mendapat dukungan dari gubernur dan anggota DPR Juli Laiskodat," tandasnya.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi dilakukan oleh petugas medis dari Rumah Sakit Jiwa Kupang terdiri dari dua dokter dan 11 paramedis, serta dipersiapkan juga dua ambulans untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Di dalam ruangan, NasDem juga menyiapkan pos vaksinasi yang akan memberikan edukasi peserta yang sudah divaksin seputar vaksinasi, kekebalan kelompok, hingga hoax yang beredar di masyarakat. (OL-13)

Baca Juga: Varian Delta Mulai Memasuki Beijing

BERITA TERKAIT