29 July 2021, 14:46 WIB

Tujuh Pasien Covid-19 di Jambi Positif Varian Delta Plus


Sol Mi | Nusantara

JURU bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah membenarkan serangan virus korona varian Delta Plus sudah menjangkiti sejumlah warga Jambi. Sampai Kamis (29/7), pasien yang terjangkit varian Delta Plus sebanyak tujuh orang. 

Ketujuhnya tercatat sebagai pasien covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Raden Mataher Jambi. Johansyah menjelaskan, keberadaan jenis mutasi virus korona bernama Varian Delta itu terdeteksi dari hasil pemeriksaan 454 sampel pasien yang dikirim pihak rumah sakit ke Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Jakarta, sekitar Mei lalu.

Dari ratusan sampel yang diperiksa lembaga di bawah pimpinan Amin Subandrio, tujuh sampel pasien covid-9 di Jambi positif berupa varian Delta. Lima sampel varian Delta jenis AY.3 dan dua sampel AY.1.

Mengenai identitas tujuh pasien yang terkonfirmasi positif korona varian Delta belum diketahui dan masih dalam pelacakan pihak rumah sakit bersama Tim Satgas Covid-19. "Sesuai prosedur, kami menerima laporan dari pusat hanya inisial dan nomor sampel, tidak dicantumkan nama dan alamat KTP. Jadi kami harus mencari lagi orangnya. Mereka sudah sembuh, masih dirawat, atau sudah meninggal," sebut Johansyah, Kamis.

Baca juga: Partisipasi Warga Kesenden Ikuti Vaksinasi Covid-19 Cukup Tinggi

Direktur Utama RS Raden Mattaher Ferry Kusnadi menambahkan, 454 sampel pasien covid-19 yang diduga bergejala infeksi varian Delta merupakan kompilasi sampel semenjak Januari hingga Mei 2021. (OL-14)

BERITA TERKAIT