29 July 2021, 12:00 WIB

Gerakan Seribu Rupiah Percepat Kesembuhan Pasien Isoman di Kota Malang


Bagus Suryo | Nusantara

GERAKAN seribu rupiah dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Malang, Jawa Timur, mempercepat kesembuhan pasien isoman covid-19. Donasi itu menyatu dalam program Malang Berbagi (Malber) untuk aksi kemanusiaan.

"Para ASN menyisihkan uang seribu rupiah setiap hari untuk membantu pasien isoman," kata Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (29/7).

Uang yang dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang selanjutnya disalurkan dalam bentuk paket bahan pokok senilai Rp100 ribu. Sebanyak 1.250 paket bantuan sosial sudah disalurkan untuk pasien isoman di lima kecamatan. Setiap kecamatan menerima 250 paket berisi beras, minyak, gula, dan susu.

Selain itu, Pemkot Malang juga menyalurkan healthy kit berupa obat-obatan dan vitamin untuk tim pemulasaraan jenazah dan tim pemakaman covid-19. Sebanyak 1.250 paket sembako dan healthy kit yang sudah disalurkan senilai Rp200 juta.

Saat ini, gotong royong bersama menangani pandemi semakin gencar melibatkan berbagai pihak. Aksi solidaritas ini wujud nyata Malber menyatu dengan program Malpro (Malang beli produk lokal), Malherb (Malang herbal), Maldis (Malang digital servis) dan Malba (Malang bahagia).

"Aksi solidaritas bermunculan mengurangi beban para warga yang terdampak langsung," kata Sutiaji.

Baca juga:  5.000 Paket Sembako Dibagikan Bagi Warga Terdampak di Malang Raya

Para pengusaha pun ambil bagian. Mereka turut membantu penanganan pandemi. Marketing Latar Ijen Tri Kristanto mengatakan sudah menyalurkan 100 paket makanan bergizi untuk makan siang dan malam para warga isoman. Bantuan menjangkau wilayah Kecamatan Sukun, Kedungkandang, Lowokwaru menyusul Blimbing.

Sementara itu, Owner Ocean Garden Resto Makhrus Sholeh juga memberikan 100 nasi kotak kepada pasien isoman selama 15-31 Juli.(OL-5)

BERITA TERKAIT