28 July 2021, 23:26 WIB

Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi Di Perairan NTT


Palce Amalo | Nusantara

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dan angin kencang mulai 28-29 Juli 2021. Kecepatan angin mencapai 20 knot per jam, dan tinggi gelombang di perairan mencapai 4 meter.

Kepala Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi mengatakan saat ini pola angin wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara 5-20 knot.

Tinggi gelombang antara 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, dan Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu. Meskipun terjadi cuaca buruk, belum ada laporan penutupan pelayaran di wilayah NTT.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada," ujarnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi kebakaran hutan karena masih terus bermunculan titik panas di berbagai lokasi di NTT. Laporan terakhir pada Selasa (27/7), terdapat lima titik hotspot masing-masing di Adonara Timur (Flotim), Fatuleu (Kupang), Riung Barat  dan Wolomeze (Ngada), dan Pandawai (Sumba Timur). (OL-15)
 

BERITA TERKAIT