28 July 2021, 18:00 WIB

300 Pelajar SMP dan SMA di Kota Sukabumi Divaksinasi


Benny Bastiandy | Nusantara

SEKITAR 300 pelajar SMP dan SMA di Kota Sukabumi, Jawa Barat, mulai menjalani vaksinasi covid-19 perdana, Rabu (28/7). Pencanangan vaksinasi itu dilaksanakan di Aula SMAN 4 Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, mengatakan kalangan anak-anak yang divaksinasi itu berusia kisaran 12-17 tahun. Vaksinasi bagi kalangan pelajar merupakan bentuk percepatan untuk menekan kenaikan angka kasus baru covid-19.

"Pelaksanaannya sesuai dengan arahan Presiden dan Gubernur Jawa Barat," kata Fahmi kepada wartawan di sela kegiatan pencanganan vaksinasi, Rabu (28/7).

Vaksinasi bagi kalangan anak-anak, juga dilakukan sebagai persiapan ketika sekolah tatap muka boleh dilakukan. Sehingga secara mental dan fisik anak-anak sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka karena telah divaksin.

"Pada tahap perdana ini ada 300 orang pelajar yang divaksin. Selanjutnya pemberian vaksinasi akan dilaksanakan di setiap sekolah," beber Fahmi.

Peran orangtua dan guru sangat penting mempercepat vaksinasi kepada kalangan anak-anak. Mereka harus menjadi motivator agar anaknya mau divaksin sebagai upaya menekan penyebaran covid-19.

"Paling penting jangan termakan berita hoaks soal vaksin. Informasinya tidak bisa dipertanggungjawabkan," tegas Fahmi.

Dengan percepatan vaksinasi bagi berbagai kalangan, sebut Fahmi, maka akan berkontribusi terhadap pemulihan kriteria level yang sekarang Kota Sukabumi berada pada level 4. Tapi Fahmi mengingatkan kepada para pelajar yang sudah divaksin agar tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Terutama penerapan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas," imbuhnya.

Pencanangan vaksinasi bagi anak-anak di SMAN 4 Kota Sukabumi juga dihadiri Bunda PAUD Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Asda Bidang Administrasi Iskandar, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, Nonong Winarni.

"Terlaksananya vaksinasi bagi kalangan anak-anak tak terlepas peran semua pihak, termasuk Dinas Pendidikan dan Kantor Cabang Dinas Disdikbud Provinsi Jabar yang memobilisasi siswa untuk mendukung percepatan vaksinasi di Kota Sukabumi. Semoga Kota Sukabumi bisa turun level dengan percepatan vaksinasi ini," pungkasnya. (BB/OL-10)

BERITA TERKAIT