27 July 2021, 22:30 WIB

Bupati Jembrana Siap Bangun Sentra Budidaya Udang Vaname


Arnoldus Dhae | Nusantara

UPAYA mendorong perekonomian masyarakat, khususnya yang bergerak disektor perikanan. Bupati Jembrana I Nengah Tamba berencana akan membangun sentra udang vaname di tanah Gumi Mekepung Jembrana.

Hal itu terlihat saat dirinya didampingi Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna saat melakukan survey Laboratorium Tambak Udang Vaname Ultra Intensive Aquagriculture Technology di Jln. Mawar No. 1 Pantai Lovina, Kalibukbuk, Buleleng, Selasa (27/7).

Kabupaten Jembrana sebagai salah satu sektor unggulannya di sektor perikanan, menurutnya sangat cocok dijadikan sentra budidaya udang vaname. Terlebih udang vaname atau whiteleg shrimp adalah jenis udang yang hidup di air tawar yang merupakan jenis udang yang sering dipakai untuk beragam jenis hidangan di restoran – restoran besar. Itulah mengapa kehadirannya sangat dibutuhkan di pasar. Dengan permintaan pasar yang tinggi, peluang untung pun otomatis semakin tinggi.

Seperti diketahui dulu Jembrana pernah dikenal akan kejayaannya sebagai sentra budidaya udang. Namun karena berbagai faktor seperti serangan penyakit banyak tambak di Jembrana akhirnya terbengkalai. Untuk membangkitkan itu kembali pihaknya melakukan survey tambak udang vaname di sini.

"Dalam pengembangannya dibutuhkan SDM dan teknologi yang tepat didalamnya. Dengan menerapkan pola budidaya yang diadaptasi disini, mulai dari teknologi, pemrosesan dan SDMnya akan mampu membawa kejayaan Jembrana sebagai sentra udang kembali," ujarnya.

Bupati Tamba yakin, jika kesuksesan budidaya udang itu bisa dibawa dan diterapkan di Jembrana, tentu akan membawa dampak positif untuk peningkatan perekonomian kabupaten Jembrana. (OL-13)

Baca Juga: Upaya Turunkan Kasus Covid-19, Pemkab Sukoharjo Gencarkan Vaksinasi

BERITA TERKAIT