27 July 2021, 12:05 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Sorong Telah Vaksinasi 35.287 Orang


Martinus Solo | Nusantara

TERKAIT dengan perkembangan vaksinasi di Kota Sorong, total warga yang telah menerima vaksinasi pertama adalah 35.287 orang, dan untuk dosis kedua sebanyak 17.092 orang. Untuk saat ini, sedang dilakukan vaksinasi bagi masyarakat umum, untuk mempercepat proses vaksinasi di Kota Sorong.

''Jumlah vaksin di Kota Sorong masih cukup, di mana kami sekali minta ke provinsi sekitar 2.000-4.000 vaksin. Antusias masyarakat Kota Sorong untuk mengikuti vaksin juga cukup tinggi. Cuma kami memiliki keterbatasan petugas yang melakukan vaksinasi,'' beber Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Sorong, Papua Barat, Ruddy Laku, saat Jumpa pers di Kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (27/7).

Dikatakannya, petugas yang melakukan vaksinasi tidak hanya mengurus vaksinasi saja, namun juga mengurus pasien yang sakit biasa dan sakit Covid-19. Selain itu, petugas juga harus melakukan tracking dan pemeriksaan di lapangan.

''Tentunya dengan kendala di atas, maka ada pembatasan untuk melakukan kegiatan vaksinasi. Tapi untuk jumlah vaksin sendiri untuk saat ini ini cukup,'' sebut Rudy.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi bagi anak 12 tahun ke atas,  sambungnya, untuk saat ini tidak terlalu signifikan seperti usia dewasa dan lansia. Untuk dosis pertama telah diberikan kepada 153 anak dan untuk dosis kedua belum dilaksanakan. Alasannya, hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi baru dilakukan untuk dosis pertama, sehingga menunggu waktu lagi untuk melaksanakan vaksinasi dosis kedua.

"Penambahan 142 orang terkonfirmasi positif Covid-19 menunjukkan bahwa,
masih terjadi penyebaran virus Corona di Kota Sorong. Untuk itu kami mengimbau agar kita tetap di rumah kalau tidak ada kegiatan yang mendesak, untuk menghindari penyebaran virus ini,'' imbau Rudy. (MS/OL-10)

BERITA TERKAIT