25 July 2021, 16:20 WIB

Polisi, TNI, dan HDCI Dukung Herd Immunity, Lakukan Vaksinasi Door to Door


Kristiadi | Nusantara

POLRESTA Tasikmalaya menerjunkan kendaraan yang telah disulap untuk melakukan vaksinasi keliling perkampungan dilakukan secara door to door bagi masyarakat di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Kendaraan tersebut, mendukung herd immunity vaksinasi dengan target 3.000 orang masyarakat umum.

Kepala Polresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, program vaksinasi ini langkah lanjutan dari Kepolisian memberikan vaksin kepada warga untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona dan setelah sebelumnya dilaksanakan terpusat di Mako Polresta Tasikmalaya. Namun, dua kendaraan yang digunakannya setiap harinya berkeliling secara acak sesuai tingkat penyebaran tinggi.

"Polri, TNI mendukung herd immunity supaya pelayanan vaksinasi harus tetap berjalan bagi masyarakat dan sekarang memang berbeda. Karena, pelayanan dilakukan menggunakan kendaraan supaya mereka tetap di rumah saja dan petugas akan melakukannya secara door to door termasuknya bisa memasuki pelosok perkampungan dan targetnya sendiri hanya 3.000 orang," katanya, Minggu (25/7/2021).

Ia mengatakan, pihaknya telah menyediakan kendaraan yang disulapnya dan nantinya akan berkeliling secara acak ke pelosok melakukan vaksinasi secara massal kepada masyarakat dengan sasaran lansia hingga para pekerja. Karena, program tersebut harus tuntas supaya ekonomi bisa normal kembali dan masyarakat juga bisa tenang dan tidak usah ditakut lagi dan kegiatan yang dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

"Mobil vaksin keliling ini secara bersamaan akan memberikan bantuan paket sembako di pelosok perkampungan sambil melakukannya vaksinasi kepada warga. Karena, masyarakat juga diharapkan bisa mendapatkan jaminan kebutuhan hidup selama diberlakukan PPKM level 4 dan selama diberlakukan penyekatan pemenuhan kebutuhan harus diberikan agar mereka tetap di rumah dan selalu menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Kadisops Lanud Wiriadinata Mayor Lek Rianto Lismara mengatakan, untuk mendukung herd immunity yang dilakukannya mengandeng Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Tasikmalaya. Tujuannya juga membantu pemerintah Kota Tasikmalaya dalam program vaksinasi dan pemulihan ekonomi nasional. Karena, TNI akan tetap bersinergi dengan para pegiat kendaraan untuk menjemput peserta agar mereka melakukan vaksinasi.

"Kami melakukannya dengan jemput bola agar masyarakat bisa melaksanakan vaksinasi dan sasaran targetnya sendiri 1.000 orang berasal dari Tasikmalaya. Karena, kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari dan para peserta dijemput langsung oleh para anggota TNI AU, Raider 13 Galuh, Batalyon 323 Buaya Putih dan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Tasikmalaya," paparnya. (AD/OL-10)

BERITA TERKAIT