25 July 2021, 16:55 WIB

KPAID Kabupaten Tasikmalaya Raih Penghargaan Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak


Kristiadi | Nusantara

KOMISI Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan anugerah dan penghargaan sebagai Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) terbaik dalam pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penghargaan tersebut diberikannya secara simbolis di dalam ruangan Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, dilakukannya secara zoom meeting bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) se Indonesia dilakukannya pada Kamis (22/7).

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto mengatakan, penghargaan yang telah didapatkannya merupakan sebuah hasil kerja keras secara kolektif, komisioner, satgas, pemerhati anak dan pemerintah daerah. Akan tetapi, dengan penghargaan yang dicapainya tetap akan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat maupun pemerintah.

"Kami bisa mendapatkan sebuah anugrah ini sebagai amanah menjalankan undang-undang nomer 35 tahun 2014 dan berharap ke depan semoga lebih baik lagi termasuk di wilayahnya bisa menjadi ramah anak. Karena, selama ini memang masih banyak pekerjaan berkaitan dengan anak harus diselesaikan supaya anak tetap terlindungi dan tidak terjadi kekerasan," katanya, Minggu (25/7/2021)

Ia mengatakan, KPAID yang dijalankan selama ini memiliki tugas fungsi mulai pengawasan, advokasi, penanganan, pendampingan hingga aspek tersebut menjadi penilaian dari KPAI. Karena, penilaian yang dilakukan hanya tetap berupaya bekerja dengan kedasaran dan juga kerja keras secara kolektif bersama Satgas, komisioner, pemerhati anak dan pemerintah daerah.

"Penghargaan yang didapatkan dari KPAI hasil bekerja keras KPAID dengan para komisioner, Satgas, pemerhati anak dan pemerintah daerah. Akan tetapi, ke depan kami bisa lebih baik lagi menjaga amanah ini agar terciptanya Kabupaten Tasikmalaya yang ramah anak," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Zein mengatakan, pihaknya mengapresiasi penghargaan yang telah didapat KPAID Kabupaten Tasikmalaya dari KPAI dan anugrah tersebut bukan tanpa verifikasi tapi dibuktikan dengan karya nyata. Namun, KPAID sendiri melakukan berbagai upaya dalam melaksanakan dan melindungi generasi anak karena mereka aset harapan masa depan bangsa.

"Anak adalah aset dan harapan masa depan jangan sampai ada anak yang terlantar atau terabaikan hak-haknya dan penghargaan pada KPAID ini karena telah melakukan inovasi dan terobosan dalam melakukan upaya terbaik. Karena, langkah yang dilakukannya untuk anak supaya mereka terlindungi dan bagi kemajuan bagi bangsa Indonesia," paparnya. (AD/OL-10)

BERITA TERKAIT