25 July 2021, 16:20 WIB

Penyaluran Bansos dari Kemensos Dilaksanakan Bertahap


M Yakub | Nusantara

PEMKAB Tuban, Jatim, menyatakan bantuan sosial (Bansos) dari Kememsos RI disalurkan secara bertahap pada keluarga penerima manfaat (KPM). Pemkab juga akan terus mengevaluasi data Bansos agar penyalurannya tepat sasaran.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyatakan bantuan sosial dari Kemensos telah tersalur secara bertahap kepada masyarakat yang menerima.

''Bantuan dari Kemensos sangat berarti bagi masyarakat di tengah pembatasan kegiatan. Kami ucapkan terima kasih,'' terangnya seusai mendampingi kunjungan kerja Mensos Tri Rismaharini disejumlah lokasi di Tuban, Sabtu (24/7) malam.

Bantuan beras dan bantuan sosial yang diterima masyarakat, lanjut dia, merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah mengurangi beban perekonomian yang dirasakan masyarakat selama PPKM Darurat.

Ia menegaskan akan terus melakukan evaluasi terkait penyaluran Bansos agar tepat sasaran dan sesuai aturan dari pemerintah. Tidak hanya itu, Pemkab akan segera turun ke desa-desa guna mengecek secara langsung proses penyaluran bantuan sosial kepada KPM, serta secara intensif melaksanakan koordinasi dengan seluruh pihak.

"Kroscek secara langsung kelapangan menjadi poin penting agar tidak terjadi kerancuan data," tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinsos P3A Tuban, data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 40.083 KPM, Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 53.117 KPM, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako 80.349 KPM, dan Bantuan Sosial Beras (BSB) sebanyak 3.000 KPM masyarakat miskin terdampak Covid. (YK/OL-10)

BERITA TERKAIT