25 July 2021, 07:40 WIB

Stok Menipis, Pemerintah Diminta Cepat Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Daerah


Supardji Rasban | Nusantara

STOK vaksin Covid-19 di sejumlah daerah semakin menipis, sehingga menjadi kendala dalam percepatan vaksinasi nasional. Pemerintah pusat diminta segera mendistribusikan agar herd immunity bisa terbentuk.

Hal itu disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani saat menyosialisasikan vaksinasi di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

"Kami sudah melakukan rapat dengan Kemenkes dan Kemendagri agar distribusi dipercepat, misal dengan penambahan armada, terus memperbanyak tempat penyimpanan vaksin. Jadi tidak ada kerentanan," ujar Dewi.

Dewi menyebut lambatnya distribusi vaksin ke daerah karena vaksin membutuhkan perlakuan khusus.

"Vaksin sudah siap, hanya memang vaksin ini perlu perlakuan khusus baik itu penyimpanan, pengemasan, dan pengirimannya harus dikawal aparat," tutur Dewi.

Baca juga: 5.200 Dosis Kedua Vaksin Disuntikkan untuk Masyarakat Kebumen

Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Tengah yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten/Kota Brebes dan Tergal tersebut menjelaskan terkait capaian vaksin yang sejauh sudah mencapai 22% dari jumlah penduduk Indonesia atau 43 juta orang, sudah cukup baik jika melihat kondisi geografis wilayah Indonesia.

"Jumlah 43 juta itu saya rasa sudah cukup baik dengan wilayah Indonesia yang sedemikian luas. Jaraknya jauh, apalagi yang di luar Jawa," jelas Anggota Komis IX DPRD RI itu.

Menurut DeAr--sapaan Dewi Aryani--program vaksinasi nasional harus didukung semua pihak agar herd immunity atau kekebalan komunal bisa cepat terbentuk.

"Saya akan menggelar vaksinasi massal di 40 hingga 50 lokasi di Kabupaten Tegal," pungkas DeAr.(OL-5)

BERITA TERKAIT