22 July 2021, 22:05 WIB

Kolaborasi KITA Gerakkan 600 Komunitas Tebar Hewan Kurban di 82 Daerah


Ghani Nurcahyadi | Nusantara

KOLABORASI Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) kembali beraksi dan meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Pada hari Kurban 1442 H atau bertepatan dengan 20 Juli 2021. Gabungan berbagai komunitas di Indonesia Timur ini menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli untuk Sesama’. Kegiatan ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14 ribu anggota di 82 kabupaten/kota. 

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi, dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota. 

Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Bapak Komunitas Indonesia mengatakan, Suharto mengatakan, program bersama #KITAberbagi2021 yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Heppiii Community ini merupakan bentuk komitmen untuk mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama. 

Inisiatif yang dilakukan oleh ratusan komunitas itu juga menjadi bukti masih kuatnya jiwa tolong menolong dan gotong-royong di antara sesama anak bangsa.

"Di tengah situasi yang sulit akibat ledakan virus COVID-19 saat ini, kami sangat bersyukur dengan kegiatan yang bisa merangkul ratusan komunitas Indonesia Timur. Kami berterima kasih kepada kawan-kawan komunitas beserta ribuan anggotanya yang memungkinkan kegiatan keren ini bisa berjalan lancar," kata Suharto dalam keterangan resmi, Kamis (22/7).

Kegiatan tebar hewan kurban oleh Kolaborasi KITA merupakan tahun kedua. Pada 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5 ribu paket daging kurban berhasil dibagikan ke masyarakat di 42 kota.

Baca juga : Berkah Idul Adha di Pesisir Timur, Dinikmati Tahanan hingga Penggali Kubur

"Tahun ini antusiasme komunitas untuk ikut program Kolaborasi KITA 2021 sangat besar. Ini sesuatu yang luar biasa di tengah kondisi pandemi yang membuat ekonomi kita sulit. Kami salut sekali," ungkap Suharto.

Edward Rustanto, mewakili Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) menyatakan, kegiatan kurban yang melibatkan berbagai komunitas seperti komunitas motor, suporter bola, pecinta alam, fotografi, karang taruna, esports, dan beragam komunitas lainnya ini menjadi bukti bahwa kehadiran komunitas sangat positif. 

Menurut Edward, tujuan utama kegiatan ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ ini adalah menjadikan hari Kurban sebagai momentum untuk saling menguatkan dan membantu sesama masyarakat di Indonesia Timur. Karena Edward meyakini komunitas adalah bagian penting dari kemajuan sebuah masyarakat.

"Kami senang dengan totalitas dan kontribusi seluruh komunitas beserta para anggotanya yang memungkinkan kegiatan ini dapat terlaksana. Kami juga berterima kasih kepada seluruh anggota Komunitas Indonesia Timur Area yang tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19 selama acara berlangsung," ujar Edward.

Edward menambahkan, kegiatan Kolaborasi KITA 2021 ini semakin berarti karena berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI yaitu Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua, merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

"Pencapaian rekor MURI ini adalah bonus bagi kegiatan teman-teman Komunitas Indonesia Timur Area yang luar biasa ini. Semoga ke depan kegiatan Kolaborasi KITA akan terus berjalan dan semakin memberikan manfaat bagi Indonesia. Terima kasih," tambah Edward. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT