22 July 2021, 22:01 WIB

Tokoh Masyarakat Sumut Diminta Ikut Sosialisasikan Prokes


Yoseph Pencawan | Nusantara

PENULARAN Covid-19 di Sumatera Utara masih meningkat. Terlebih virus varian baru sudah terdeteksi dan berpotensi lebih berbahaya.

Untuk menekan penularannya Protokol Kesehatan (prokes) wajib diterapkan oleh masyarakat tanpa kecuali. Karena itu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta para tokoh masyarakat untuk turut serta menyosialisasikan prokes. "Tokoh-tokoh masyarakat kita harus bersuara ajak masyarakat pakai masker," ujarnya, Kamis (22/7).

Edy meyakini tokoh masyarakat lebih dekat dengan masyarakat sehingga akan lebih mudah memberi pemahaman kepada masyarakat. Yakni tentang pentingnya penerapan Prokes untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Gubernur mengaku pernah bertemu dengan masyarakat yang tidak mengenakan masker. Lantas ia memberikan masker kepada orang tersebut. Namun setelah diberikan, masker itu bukan dikenakan, tetapi malah dikantongi.

Menurut Edy, peran tokoh masyarakat sangat penting. Tokoh masyarakat bisa berkontribusi memberi sosialisasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. "Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan perlu kontribusi dari setiap masyarakat," ujarnya.

"Bila tokoh masyarakat tidak ikut berkontribusi peran dalam kondisi ini, pandemi tidak akan pernah berakhir," imbuhnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT