22 July 2021, 18:15 WIB

Kota Malang Terapkan PPKM Skala Kampung Bendung Covid-19


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur memperkuat tracing dan testing melibatkan partisipasi warga di tingkat kampung, RT dan RW. Pasalnya, kunci keberhasilan PPKM basisnya di skala mikro.

Karena itu, penguatan diperlukan melalui upaya pelacakan, penelusuran dan pengujian serta penanganan cepat. "Pengendalian dari tingkat mikro di level kampung itu sangat penting," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (22/7).

Pelibatan aktif RT dan RW dalam hal tracing dan testing akan efektif menekan angka penularan covid-19. Sebab pengendalian pandemi dilakukan  sejak di titik awal. 

Secara empiris, Pemkot Malang berhasil mengendalikan covid-19 ketika muncul klaster di Jalan Binor Bunul Rejo dan Mergosono "Saat itu bisa segera terlokalisir dan partisipasi warga dalam pemantauan hingga pendampingan kepada warga yang isoman juga berjalan baik," ungkapnya.

Bahkan, komunikasi petugas Puskesmas dengan warga di titik tersebut sangat konstruktif karena terfokus. Penanganan skala mikro level kampung itu, lanjutnya, jauh berbeda dengan penerapan pola pendekatan meluas yang justru seakan kehilangan sasaran pokok.

Itu sebabnya Kota Malang mengusulkan PPKM mikro agar lebih diseriusi dan dijadikan pola secara nasional. "Begitu kita bisa melakukan pengendalian pada tingkat mikro, secara otomatis maka strategi testing dan tracing akan lebih terpola,"  pungkasnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT