21 July 2021, 16:15 WIB

Beras untuk Warga Terdampak PPKM Mulai Didistribusikan  


M Taufan SP Bustan | Nusantara

PERUM Bulog Sulteng, mendistribusikan bantuan sosial berupa beras di masa Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) 2021 di Palu. Bantuan yang diperuntukkan untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19 itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.  

"Pendistribusian bantuan itu sudah dilakukan sejak dua hari lalu hingga selesai ditarget sebulan kedepan," terang Kepala Perum Bulog Sulteng, Barsirun di Palu, Rabu (21/7).  

Menurutnya, untuk Sulteng alokasi bantuan yang terdata jumlah KPM PKH sekitar 139.435 penerima. Sedangkan, dari sisi KPM BST tercatat kurang lebih ada sebanyak 91.426 penerima. 

Total keseluruhan KPM PHK dan BST jumlahnya adalah 230.861 penerima di Sulteng. "Sehingga beras yang kami siapkan mencapai 2.308 ton, ditambah dengan 610 kilogram yang nantinya diterima masyarakat," ungkap Basirun.  

Dalam bantuan itu, masing-masing warga akan mendapatkan 10 kilo gram beras. Bulog, lanjut Basirun, telah mempersiapkan beras sesuai dengan pagu yang diberikan Kemensos sejak seminggu karena terkait instruksi langsung pimpinan pusat. 

"Dalam pendistribusian bantuan beras ini kami dikontrol langsung oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sehingga bantuannya harus benar-benar tersampaikan ke penerima," tegasnya.  

Basirun menambahkan, bahwa bantuan beras itu merupakan beras serapan dari petani lokal yang dibeli Bulog Sulteng di Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong. "Beras bantuan itu kualitas medium. Semoga target penyalurannya bisa tercapai satu bulan ke depan," tandasnya. (TB/OL-10) 

BERITA TERKAIT