21 July 2021, 18:21 WIB

Jalur Kereta Menuju Bandara Internasional Yogyakarta Hampir Rampung


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

JALUR kereta api menuju Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulonprogo telah diuji coba pada Senin (19/7). Jalur ini akan menghubungkan Stasiun Kedundang Kulonprogo dengan BIY yang berjarak sekitar 5,3 kilometer.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Dheky Martin menjelaskan pembangunan jalur rel kereta api tersebut mencapai 96,35%.

"Kami melakukan uji coba untuk mengetahui kemampuan jalur rel pada titik-titik kritis atau lengkung yang dilewati serta kecepatan optimal kereta angkutan," kata Dheky, Senin (19/7).

Baca juga: 400 UMKM di Dua Bandara Yogyakarta Dapat Sertifikasi TKDN Gratis

Uji coba dilakukan dengan menggunakan kereta lokomotif dan kereta rel diesel eletrik (KRDE) secara bergantian. Kecepatan masing-masing 20-40 km/jam dan 40-60 km/jam. Pihaknya segera melakukan evaluasi setelah uji coba dilaksanakan.

Proyek pembangunan jalur kereta yang melayang (elevated) ini sudah dimulai sejak Desember 2019 dengan anggaran mencapai Rp1,1 triliun. Rencananya, jalur rel akan mulai difungsikan pada Agustus 2021.

Sementara itu, PTS General Manager Bandara YIA Agus Pandu menilai positif terkait hampir selesainya pembangunan jalur kereta bandara. Menurut dia, kereta bandara membuat pengguna BIY memiliki lebih banyak opsi untuk mengakses BIY.(OL-5)

BERITA TERKAIT