21 July 2021, 17:03 WIB

Relaksasi Akan Berdampak Terhadap Pemulihan Ekonomi Cianjur


Benny Bastiany | Nusantara

KABUPATEN Cianjur merupakan satu di antara 7 kota/kabupaten di Jawa Barat yang mendapatkan relaksasi selama  perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Pemerintah daerah setempat pun optimistis sedikit demi sedikit berbagai sektor, terutama perekonomian akan bisa berjalan normal.

"Cianjur salah satu dari tujuh daerah di Jabar yang mendapat relaksasi," terang Bupati Cianjur Herman Suherman kepada wartawan seusai melakukan konferensi video bersama Mendagri di Pendopo Cianjur, Rabu (21/7).

Kabupaten Cianjur sendiri berada pada level 3 bersama beberapa daerah lainnya. Herman meyakini dengan adanya relaksasi ini tentu akan berdampak terhadap pemulihan ekonomi.

"Intinya, kalau saya, yang penting masyarakat ini bisa melaksanakan protokol kesehatan. Contohnya pedagang, kenapa tidak (kembali berjualan). Yang penting bisa menerapkan protokol kesehatan. Tidak berkerumun sehingga tidak menimbulkan kasus baru covid-19," tutur Herman.

Kebijakan relaksasi diserahkan ke masing-masing daerah. Karena itu, lanjut Herman, sedang bakal dibahas kemungkinan membuka kembali pertokoan yang menjual komoditas nonpangan. "Sedang kita pikirkan (teknisnya)," tegas Herman.

Sesuai Instruksi Mendagri PPKM Darurat yang berganti nama menjadi PPKM Level 4 akan dilaksanakan sampai 25 Juli. Herman menitipkan pesan kepada semua kalangan masyarakat Kabupaten Cianjur tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah.

"Intinya itu, tetap laksanakan protokol kesehatan untuk mencegah timbulan kasus-kasus baru," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT