21 July 2021, 16:39 WIB

Tiga Warga NTT Terkonfirmasi Varian Delta


Palce Amalo | Nusantara

TIGA warga Nusa Tenggara Timur (NTT) terkonfirmasi terpapar varian delta covid-19. Hal itu dikatakan Dokter Patologi Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, dr Hermi Indita Malewa di Kupang, Rabu (21/7).

"Kami mengirim 310 spesimen ke Laboratorium Litbangkes dan hasilnya baru keluar tadi malam. Tiga pasien terdeteksi varian delta," kata  Malewa.

Tiga pasien itu masing-masing berusia 12 tahun, 70 tahun, dan 33 tahun, seluruhnya berasal dari Kota Kupang. Menurutnya, ribuan sampel tersebut dikirim sejak April 2021, namun hasilnya baru keluar. "Kita tahu seluruh Indonesia mengirim sampel ke laboratorium Litbangkes, dan pemeriksaan ini butuh waktu yang lama," ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini sebanyak 500 sampel yang sudah dikirim ke laborarium Kementerian Kesehatan tersebut yang mampu melakukan pemeriksaan dengan metodeWhole Genon Sequencing (WGS).

Terkait dengan temuan varian delta tersebut, Malewa meminta masyarakat segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk melakukan vaksinasi covid-19. "Vaksin terbukti sangat bermanfaat seperti saat ini," ujarnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT