21 July 2021, 09:35 WIB

Kemarin, Positif Covid di Kota Tasikmalaya Bertambah 300 Orang


Adi Kristiadi | Nusantara

LONJAKAN kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengalami penambahan sebanyak 300 orang. Jumlah ini merupakan yang tertinggi selama pandemi yang didominasi oleh klaster keluarga.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan, penambahan kasus berasal dari klaster keluarga. Peningkatan ini merupakan tertinggi lantaran pemeriksaan swab gencar dan hasilnya keluar bersamaan.

"Angka penambahan harian merupakan salah satu yang tertinggi di Kota Tasikmalaya sejak pandemi Covid-19 yang berasal mayoritas dari klaster keluarga," kata Asep Hendra, Rabu (21/7).

Untuk menekan penyebaran virus korona, jelas Hendra, kebijakan PPKM darurat memang harus yang dilanjutkan agar warga tetap di rumah saja. Mobilitas warga dikendalikan dan penegakkan aturan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan terus dilakukan. Karena, tiga langkah jika tak dilakukan dipastikan penambahan kasus akan semakin banyak.

"Kami meminta agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan.Kami juga berupaya agar pasien yang mendapat perawatan cepat disembuhkan tapi tolong diimbangi dengan disiplin prokes. Jika tidak, tenaga kesehatan juga manusia dan kelelahan" ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Selasa (20/7) total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang telah tercatat mencapai 11.099 orang di antaranya 9.030 orang telah sembuh, 1.703 orang masih menjalani isolasi dan 366 orang meninggal dunia. (OL-13)

Baca Juga: Dubes Heri Akhmadi Dukung Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo

BERITA TERKAIT