20 July 2021, 17:15 WIB

Pemkot Malang Perkuat Trauma Healing Covid-19


Bagus Suryo | Nusantara

WARGA terdampak pandemi covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur menerima trauma healing untuk memulihkan psikologis selama pandemi covid-19.

"Kami memberikan penguatan edukasi kepada masyarakat dan membantu pemulihan," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif, Selasa (20/7).

Selama ini, lanjutnya, petugas puskesmas sudah memberikan edukasi, pendampingan dan memotivasi warga di kelurahan-kelurahan. Bahkan, warga yang menjalani isolasi mandiri juga menerima proses penyembuhan psikologis dan mental.

Sebab, warga yang positif covid-19 dan keluarganya, bahkan seusai dinyatakan negatif pun, perlu penyembuhan lanjutan. Mereka terkadang masih mengalami trauma yang mendalam akibat terpapar covid-19 yang tak mudah dilupakan begitu saja.

Karena itu, Pemkot Malang, Polresta Malang Kota dan Poltekkes Malang berkolaborasi membantu warga memulihkan stabilitas mental dan emosional masyarakat. "Kita merumuskan bersama proses kolaborasi trauma healing ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto mengatakan penanggulangan pandemi covid-19 masuk penanganan bencana. "Selama ini, proses trauma healing sudah dilakukan Dinkes dalam rangka memberikan afirmasi," ujarnya.

Alie menegaskan proses pemulihan kesehatan kejiwaan agar kuat secara mental dan emosional dengan memberikan penguatan. Tujuannya, warga tetap  bersemangat dan berpikir positif. Selain itu, ada penguatan edukasi  disiplin protokol kesehatan dan meningkatkan daya imun agar kekebalan  tubuhnya meningkat. (BN/OL-10)
 

BERITA TERKAIT