20 July 2021, 12:25 WIB

Warga Peserta Vaksinasi di Lanudal Juanda Dapat Daging Kurban


Heri Susetyo | Nusantara

DI tengah momentum Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) melakukan serbuan vaksinasi kepada warga di sekitar komplek Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda, Selasa (20/7).
 
Pada masa pandemi tahun ini Puspenerbal tidak melaksanakan sholat Idul Adha namun tetap menyelenggarakan pemotongan hewan kurban. Kegiatan pemotongan hewan kurban dilakukan di halaman Masjid Juanda Komplek Lanudal Juanda dengan protokol kesehatan ketat.
 
Namun pada saat bersamaan di tempat tersebut juga dilakukan kegiatan serbuan vaksinasi. Vaksinasi ini diperuntukkan warga di dalam komplek Lanudal Juanda.
 
Warga yang selesai menjalani vaksinasi mendapatkan hadiah daging kurban. Dan tentu saja surat keterangan sudah vaksinasi.
 
Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi massal. Bahkan dalam momentum Hari Raya Idul Adha, juga diselingi dengan kegiatan vaksinasi massal. Hal ini dilakukan demi segera terbentuknya herd immunity khususnya di tengah lingkungan Lanudal Juanda.
 
"Puspenerbal sudah melakukan vaksinasi terhadap 7.389 orang, belum termasuk yang hari ini," kata Laksda Edwin.
 
Dwi, 30, mengaku senang akhirnya bisa ikut vaksinasi gratis ini. Vaksinasi membuat Dwi lebih percaya diri untuk mengantisipasi penyebab covid-19. "Senang akhirnya bisa vaksinasi, apalagi ini dapat tambahan bonus daging," kata Dwi sambil tersenyum. 

Jumlah hewan kurban yang terkumpul panitia di Masjid Juanda, di masa pandemi ini mengalami penurunan dibanding 2020. Tahun ini terkumpul hewan kurban sapi 9 ekor serta 43 ekor kambing dan domba. (HS/OL-10) 

 

BERITA TERKAIT