20 July 2021, 20:25 WIB

Varian Delta Sudah Masuk Papua, Warga Wajib Prokes Ketat


Marcelinus Kelen | Nusantara

JURU bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule menyebut virus Covid-19 varian delta sudah masuk Papua. Hal ini berdasarkan laporan dari Litbangkes Papua yang memeriksa 12 sampelN yang dikirim oleh Rumah Sakit Merauke.

"10 diantaranya dinyatakan positif varian delta," ujar Silwanus Sumule, Selasa (20/7).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih memeriksa beberapa sampel yang dikirim dari Kabupaten Mimika dan Kota Jayapura. "Hingga saat ini data yang sudah keluar baru dari Kabupaten merauke sementara untuk daerah lain seperti Kota jayapura dan Timika, belum. Yang pasti, varian delta ini sudah ada di Papua. Selama belum ada penutupan bandara atau pelabuhan maka masih memungkinkan varian ini menyebar ke daerah lain, namun kami berharap tidak demikian," papar Silwanus.

"Dengan masuknya varian delta di papua maka prokes 3 M ini harus lebih diperketat lagi, kita di papua sudah tidak bisa main-main lagi, data menunjukan bahwa varian delta ini tujuh kali lebih ganas dari varian sebelumnya," papar Silwanus.

Yang terpenting, lanjut dia, adalah saat ini masyarakat harus betul betul perketat prokes dan diperlukan kolaborasi antara masyarakat dan satgas covid, agar kita bisa sama-sama kalahkan virus corona di Papua.

"Kami juga berharap pihak kepolisian agar lebih tegas kepada warga yang masih mengabaikan prokes, khususnya di daerah merah yang telah di tetapkan aturan PPKM mikro," pungkasnya.(OL-15)
 

BERITA TERKAIT