20 July 2021, 18:38 WIB

Polda NTT Tambah Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19


Palce Amalo | Nusantara

POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan tempat lokasi karantina tambahan bagi warga yang terpapar covid-19 dengan gejala ringan. Lokasi karantina ini berada di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kupang berkapasitas 30 tempat tidur akan digunakan jika tempat penampungan lainnya sudah penuh.  

Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif mengatakan jika kasus positif covid-19 terus bertambah dan tidak tertangani lagi di fasilitas kesehatan, akan ditampung di tempat penampungan tersebut. "Ini opsi terburuk, kita juga siapkan satu tim tenaga medisdari rumah sakit Bhayangkara," atanya , Selasa (20/7).

Saat ini, Pemprov NTT memiliki dua tempat isolasi mandiri pasien covid-19 yakni lantai tiga Rumah Sakit Undana dan Rumah Sakit Jiwa Naimata.

Hingga Selasa (20/7), kasus aktif covid-19 di Kota Kupang tertinggi di NTT yang mencapai 1.870 orang, sedangkan rata-rata keterisian tempat tidur perawatan pasien covid-19 di rumah sakit lebih dari 60%, sementara keterisian tempat di Rumah Sakit Bhayangkara 77,78%. 

Untuk itu, tambah Kapolda, saat perayaan Idul Adha, kepolisian melarang takbir keliling dan salat Idul Adha terpusat. "Salat dilaksanakan di keluarga masing-masing untuk mencegah kerumuman," ujarnya.

Begitu juga saat pembagian daging kurban, petugas yang datang ke rumah warga untuk menyerahkan daging. Dia juga mengimbau warga tetap taat terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 terus meluas. "Saat ini NTT sudah menerapkan PPKM Mikro, jangan sampai PPKM  darurat," tandasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT