20 July 2021, 17:42 WIB

Geledah Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Petugas Temukan HP Hingga Sendok Tajam


Apul Iskandar | Nusantara

LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar kembali melakukan razia dan penggeledahan kamar warga binaan di blok Sel Pengasingan (SP) Senin malam (19/7).

Razia kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka KPLP) Sahat Bangun bersama stafnya dan 5 orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi mengatakan razia rutin yang digelar bertujuan untuk mencegah terjadinya beberapa gangguan keamanan dan ketertiban. Selain itu juga sebagai bentuk sarana orientasi  dan edukasi bagi para Taruna POLTEKIP yang sedang melaksanakan orentasi lapangan di Lapas Klas IIA Pematangsiantar.

"Dari hasil razia ditemukan berapa utas kabel listrik, 5 unit handphone dan charger, beberapa mancis, dan sendok yang sudah diasah tajam. Dan tidak ada ditemukan adanya narkotika. Kemudian barang bukti hasil razia tersebut langsung didata untuk dilaporkan kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar,'' kata Rudy dalam keterangannya, Selasa (20/7).

Dalam kesempatan tersebut Rudy menegaskan bahwa kegiatan razia rutin tersebut akan terus dilaksanakan demi mencegah adanya gangguan keamanan di dalam lapas.

"Sebagai bentuk kewaspadaan kita akan lebih memperketat lagi pengawasan terhadap WBP kita. Seperti di masa pandemi ini saat WBP tidak bisa dikunjungi oleh keluarga yang mana akan menambah beban tekanan psikologi wbp untuk menghindari kerusuhan di dalam lapas bahkan pelarian," tegasnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT