20 July 2021, 09:29 WIB

GOR Klaten akan Difungsikan Sebagai Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid-19


Djoko Sardjono | Nusantara

GEDUNG Olahraga (GOR) Gelarsena Klaten, Jawa Tengah (Jateng), akan difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat pasien covid-19. Sebanyak 101 tempat tidur sudah disiapkan untuk merawat pasien positif covid-19 berstatus OTG (orang tanpa gejala) khusus laki-laki.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan GOR Gelarsena sudah siap ditempati pasien covid-19. Tenaga kesehatan pun telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Klaten. Pekan ini, GOR diharapkan sudah bisa menampung pasien covid-19.

"Saya, bersama Kapolres dan Dandim Klaten, Jumat (16/7) lalu, sudah mengecek kesiapan GOR Gelarsena untuk tempat isolasi terpusat pasien
terkonfirmasi positif covid-19 dengan status OTG, khususnya laki-laki. Daya tampung GOR sebanyak 101 tempat tidur," jelasnya.

Baca juga: Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 460 Orang, 46 Meninggal

Mengenai tenaga kesehatan, Sri Mulyani mengaku, saat ini, belum  memadai. Namun, Dinas Kesehatan sudah melakukan perekrutan sukarelawan
yang akan ditugaskan merawat dan melayani pasien covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di GOR Gelarsena.

GOR Klaten nanti berbeda dengan tempat isolasi terpusat lainnya, seperti Selter Merapi yang menampung satu keluarga. GOR hanya untuk merawat pasien laki-laki. Sedangkan pasien perempuan terpisah, yakni di Rumah Retret Panti Semedi.

Sementara, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten melaporkan kasus covid-19, Senin (19/7), bertambah 460 orang terkonfirmasi positif dan 46 meninggal dunia. Selain itu, juga ada penambahan 424 pasien sembuh. (OL-1)

BERITA TERKAIT