19 July 2021, 20:49 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Hasil Rapid Tes Antigen di Lampung


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

POLISI menyatakan tengah menyelidiki temuan limbah medis yang diduga merupakan hasil sisa rapid tes antigen di Exit Tol Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan beberapa waktu silam.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad menyebut saat melakukan penyelidikan, pihaknya menemukan beberapa tumpukan sampah sisa medis yang bentuknya seperti sisa rapid test.

Dalam penanganan perkara ini, kata Pandra, tim gabungan turut dibentuk bersama dengan Polres Lampung Selatan yang mengamankan lokasi penemuan sampah medis itu pertama kali.

"Penyidik sudah mengantongi beberapa alat bukti yang ada dan barang bukti yang ada dan keterangan dari saksi-saksi terkait kasus ini," ujar Pandra.

Baca juga: Terdakwa Korupsi Puskesmas Bola di Sikka Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan

Pandra mengemukakan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait dengan alat kesehatan.

Pemeriksaan akan dilakukan terhadap Dinas Kesehatan Pemprov Lampung, ataupun Satgas Covid-19.

Sebelumnya, limbah medis diduga hasil rapid test diduga ditemukan pada Sabtu (17/7) silam. Terlihat beberapa barang bekas pakai seeperti plastik pembungkus, sarung tangan karet bekas, hingga botol bekas alkohol,

Adapun Kementerian Kesehatan RI memiliki aturan pedoman dalam pengelolaan limbah hasil fasilitas pelayanan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 saat ini. (OL-4)

BERITA TERKAIT