19 July 2021, 09:59 WIB

Tiga Kepala Dinas di Manggarai Barat Positif Covid-19


John Lewar | Nusantara

COVID-19 menyerang tanpa pandang status dan jabatan. Di kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sejumlah kantor dinas di lingkup pemerintahan Kabupatan Manggarai Barat terpapar covid-19. Ratusan pegawai termasuk paramedik dan beberapa pejabat ikut diisolasi.

"Kalau staf kantor hampir semua tersebar kena, ada juga pejabat di kantor dinas. Kepala dinas (kadis) sudah 3 dan saat ini ada yang sedang isolasi mandiri di rumah bersama keluarga," terang Kadis Kesehatan Manggarai Barat Paul Mami, Senin (19/7) pagj.

Paul menyebut yang masih diisolasi ada 1.834 orang, terbanyak isolasi mandiri di rumah termasuk kepala dinas. Total Isolasi mandiri ada 1.759 orang masih dalam pengawasan medis. Isolasi di RSUD komodo 32, Rs Siloam 6 orang, dan di GOR 36 pasien.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 312 Orang, 37 Meninggal

Paul mengaku dirinya juga sempat positif covid-19 dan menjalani isolasi mandiri sebelum kembali pulih.

Sementara pejabat dinas yang positif covid-19 adalah Kadis Pendidikan, Pemuda, dan Olaraga (PKO), Kadis Pekerjaan umum(PU), dan Kadis Perikanan.

Kepala dinas PKO Bernandus Dandur dikonfirmasi membenarkan dirinya terpapar covid-19 dan sudah satu pekan ini menjalani isolasi mandiri di rumah bersama keluarga.

"Kami ini terpapar covid-19 akibat pelaku perjalanan yang juga keponakan sendiri bermalam di rumah. Itu menyebabkan kami, enam orang dalam satu keluarga, harus menjalani Isolasi hingga bisa pulih," kata Bernandus

Sambung Bernandus, aktivitas kantor terpaksa ditunda dan pelimpahan wewenang ada yang mengurus.

"Sudah sepekan belum bisa keluar rumah," katanya melalui telepon.

Dia mengimbau seluruh masyarakat tetap ekstra waspada kerena virus korona tidak kelihatan dan sangat berdampak pada stamina tubuh dan bisa menyerang siapa saja.

Sebaiknya, semua pihak harus mengikuti anjuran protokol kesehatan karena yang kita lawan adalah lawan yang tak kelihatan tetapi berbahaya dan mematikan.

Saat ini, total keseluruhan pasien covid-19 di Manggarai Barat sudah mencapai 3.027 orang, sembuh 1.160 orang, meninggal 34 orang, dan masih diisolasi 1.834 orang. (OL-1)

BERITA TERKAIT