18 July 2021, 23:17 WIB

Sapi Seberat 1 Ton Asal Lembang Jadi Hewan Kurban Jokowi


Depi Gunawan | Nusantara

AGUS Sumartono, 50, warga Kampung Pangragajian, RT 02 RW 04 Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat tak pernah menyangka salah satu sapi miliknya akan dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sapi jenis simental bernama Baron dan memiliki bobot 1 ton tersebut, dijual dengan harga Rp85 juta.

Agus mengatakan, sebelum dipilih untuk sapi kurban Jokowi, sapi miliknya telah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat

"Ada tim yang langsung melihat dan memeriksa kesehatan sapi, mulai dari mengambil darah. Bahkan, fesesnya juga diperiksa," kata Agus, Minggu (18/7).

Jauh sebelum dibeli Jokowi, Agus dibantu adiknya rutin merawat sapi berusia 3,5 tahun ini. Mulai dari memandikan, merawat kandang hingga memberikan makanan setiap pagi dan sore. Tak heran, ketika dua tahun lalu datang ke peternakan baru berbobot sekitar 500 kilogram, kini naik drastis hingga menyentuh 1 ton.

"Untuk pola makan enggak jauh berbeda dengan sapi lainnya, cukup memberikan konsentrat dua kali sehari dan rumput tiga kali sehari, ditambah vitamin. Kebersihan kandang tentu harus dijaga biar sapinya sehat," bebernya.

Rencananya, lanjut dia, Baron akan dikurbankan di Pusdai Jabar dan akan diangkut dua hari jelang Idul Adha yang jatuh pada Selasa (20/7). "Minggu (19/7) ini katanya mau diangkut. Pihak Sekretariat Negara juga sudah langsung menghubungi saya kemarin," tuturnya.

Dia mengaku, sebetulnya masih ada satu sapi simental yang bobotnya persis sama dengan yang dipesan Jokowi. Sapi yang diberi nama 'Si Unyil' itu saat ini masih berada di dalam kandangnya.

"Sapi Si Unyil juga sudah diperiksa kesehatannya, bobotnya juga persis sama dengan yang dibeli Presiden, badannya kekar. Tapi tim Sekretariat Negara mungkin lebih tertarik sama Baron," tambahnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT