18 July 2021, 13:53 WIB

Satgas Covid-19 Babel Sesalkan Ada Izin Salat Iduladha Berjemaah di Zona Merah


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

TIGA kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel) kini berstatus zona merah covid-19. Kendati demikian, pelaksanaan salat Iduladha berjemaah di tiga wilayah tersebut diperbolehkan dengan protokol kesehatan covid-19.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, membenarkan umat muslim yang berada di Pangkalpinang, Bangka, Belitung, dan Bangka Barat boleh melaksanakan salat Iduladha di masjid atau lapangan terbuka. "Ya benar ada kesepakatan bersama antara pemerintah provinsi, Kemenag, Polda, dan ormas terkait salat Iduladha, kendati zona merah," kata Mikron, Minggu (18/7).

Pihaknya menyesalkan kesepakatan bersama itu, karena berdampak tidak baik terhadap lonjakan kasus saat ini, terlebih terdapat tiga kabupaten/kota yang berstatus zona merah. "Kalau kami satgas tidak mengizinkan. Ini kesepakatan mereka. Ini yang kami sayangkan, kendati diterapkan dengan prokes covid-19," ujarnya.

Ia setuju surat kesepakatan bersama mengenai hal tersebut diterapkan di wilayah zona oranye atau hijau. "Kalau zona oranye atau hijau, saya rasa boleh surat kesepakatan bersama itu," ungkapnya.

Baca juga: Bulog Sumsel Babel Salurkan Beras PPKM untuk 438 Ribu KPM
 

Ia menegaskan Kementerian Agama juga sudah melarang pelaksanaan salat Iduladha khusus untuk wilayah zona merah.(OL-14)

BERITA TERKAIT