16 July 2021, 20:40 WIB

Sosialisasi Humanis di Masa PPKM Darurat, Kapolresta Malang Kota Tuai Pujian


Bagus Suryo | Nusantara

POLRESTA Malang Kota terus melakukan sosialisasi tentang penerapan PPKM Darurat kepada masyarakat. Sosialisasi yang digulirkan secara humanis itu juga disertai dengan penyaluran bantuan langsung.

Kapolresta Malang Kota Ajun Komisaris Besr Budi Hermanto bersama tim operasi yustisi PPKM Darurat Kota Malang menyasar PKL, tukang becak, ojek, yang berada sekitar jalan S Parman, LA Sucipto, Panglima Sudirman hingga Jalan Gatot Subroto, Kamis (15/7) malam.

Dalam kesempatan itu Kapolresta terus mengingatkan warga akan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Pasalnya, hingga kini pandemi covid-19 belum berakhir.

"Dalam rangka mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, kami akan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan melakukan 5M yakni, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghidari kerumunan, dan membatasi mobilitas serta menghindari makan bersama," ujar Budi Hermanto.

Saat turun ke jalan, Budi bersama jajaran TNI dan Forkompimda, juga membagikan sembako kepada pedagang kaki lima, pengemudi ojek, tukang becak yang terdampak covid-19 di masa PPKM Darurat di sejumlah titik. Petugas gabungan membagikan paket sembako berupa beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, mi instan 5 bungkus, gula 1 kg dan kopi.

"Meskipun sederhana, kegiatan bantuan sosial ini dilakukan semata-mata untuk meringankan beban mereka yang saat ini membutuhkan uluran tangan kita sebagai sesama manusia. Tugas kami sebagai abdi negara adalah selalu berbagi kepada sesama dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Pandemi ini mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya untuk berbagi," tegas Kapolresta Malang Kota itu.

Diantara penerima manfaat itu adalah sepasang suami istri dan anaknya  warga Majang Dampit yang menjadi korban gempa. Mereka mencoba untuk berdagang bakso di Malang namun bangkrut dan terpaksa harus tidur di emperan toko.

"Terima kasih Pak Budi Hermanto atas bantuannya. Ini sangat bermanfaat bagi kami," ucap suami istri itu terharu.

Hal yang dilakukan Kapolresta Malang Kota dan jajarannya mendapat pujian dari seorang warga yang peduli aksi sosial, Fitaa Puspita. Dalam laman facebooknya Fitaa Puspita mengapresiasi kenerja yang dilakukan Kapolresta Malang Kota dan jajarannya.

"Ini perlu dicontoh pajabat lain. Di tengah malam seperti ini masih peduli dengan warga Kota Malang hanya untuk mengingatkan tentang pentingnya prokes. Semangat Pak Budi Hermanto, jangan pernah bosan terus terus semangat, jaga kesehatan," tambahnya. (N-2)

BERITA TERKAIT