14 July 2021, 15:10 WIB

Target Kegiatan TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX di Klaten Tercapai


Djoko Sardjono | Nusantara

KEGIATAN TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) IX di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, berakhir, Rabu (14/7). Penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX dilakukan secara sederhana di halaman pendopo Pemkab Klaten. Acara penutupan kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hadir pada acara penutupan dua kegiatan tersebut, Wakil Bupati Yoga Hardaya, Ketua DPRD Hamenang, Dandim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, dan Kapolres AKB Edy S Sitepu,

TMMD Sengkuyung II diadakan di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Sedangkan KBMKB IX di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 15 Juni 2021.

Sasaran kegiatan fisik TMMD Sengkuyung II di Desa Krakitan, yakni betonisasi jalan sepanjang 710 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 cm. Selain itu, perbaikan satu tempat ibadah.

Kemudian, KBMKB IX di Desa Basin betonisasi jalan 250 meter, lebar 4 meter, dan tebal 15 cm. Sasaran lainnya pembuatan talud 500 meter dan perbaikan satu tempat ibadah.

Menurut Dandim 0723 Klaten, semua kegiatan fisik TMMD maupun KBMKB dapat diselesaikan 100%. Termasuk kegiatan nonfisik, seperti sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan covid-19.

''Jadi, sasaran kegiatan fisik dan nonfisik TMMD Sengkuyung II di Desa Krakitan maupun KBMKB IX di Desa Basin semua dapat diselesaikan 100%,'' kata Joni Eko Prasetyo.

Terkait peran masyarakat dalam kegiatan TMMD dan KBMKB di Klaten, dijelaskan bahwa keterlibatan masyarakat dalam kegiatan membangun desa ini sungguh sangat luar biasa. ''Memang, melalui kegiatan TMMD dan KBMKB kita gugah sikap kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat. Di situlah marwah kemanunggalan antara TNI dan masyarakat,'' jelasnya.

Penutupan TMMD dan KBMKB ditandai dengan penyerahan dokumen hasil kegiatan TMMD dan KBMKB dari Dandim kepada Wakil Bupati Klaten. Acara ini dengan protokol kesehatan. (JS/OL-10)

BERITA TERKAIT