14 July 2021, 12:55 WIB

Pemprov Sulawesi Utara Bangun Ruang Publik Hijau


Voucke Lontaan | Nusantara


PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Utara membangun ruang publik hijau sebagai paru - paru Kota Manado. Lokasinya di areal lapangan olahraga KONI Sulut.

"Infrastruktur dan ruang publik hijau di kota Manado, sangat ketinggalan dibandingkan daerah lain," aku Wakil Gubernur Steven Kandouw, Rabu (14/7).
 
Menurut Steven yang juga Ketua KONI Sulut, itu, ruang publik hijau sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, di areal tersebut ditanam berbagai jenis tumbuhan hijau yang dapat menyerap karbondioksida  an menghasilkan oksigen.

Selain itu, dapat menurunkan suhu panas yang saat ini terjadi akibat pemanasan global yang melanda dunia.

"Ruang publik hijau obsesi dari Gubernur Olly Dondokambey. Sebab, sejak puluhan tahun lalu Kota Manado tidak punya ruang publik hijau, imbas dari pertumbuhan pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Steven mengatakan,  ruang publik hijau ini juga diperuntukkan bagi masyarakat sebagai tempat rekreasi. Di lokasi ini mengalirkan kesejukan dari tanaman di sekitarnya yang menghasilkan oksigen.

"Areal dan gedung KONI Sulut dibenahi buat kepentingan masyarakat umum. Nantinya ruang publik hijau menjadi ikon Sulawesi Utara. Anggarannya dialokasikan dari APBD," katanya. (N-2)

BERITA TERKAIT