13 July 2021, 23:25 WIB

Personel Polda NTT Ikut Pelatihan Vaksinator Covid-19


Palce Amalo | Nusantara

SEBANYAK 50 personel Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti pelatihan vaksinator covid-19 secara virtual, Selasa (13/7). Tambahan vaksinator yang terdiri dari 25 personel Brimob dan 25 satker Polda NTT itu untuk mendukung program serbuan vaksinasi covid-19 yang  digelar Polri.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Rishian Krisna mengatakan personel tersebut mengikuti pelatihan pendukung tenaga vaksinator untuk fungsi administrasi dan skrining. Menurutnya, para vaksinator dilatih mulai dari tahap pendaftaran  pencatatan mulai dari validasi data, skrining anamnes Edukasi, pemberian imunisasi hingga pencatatan antisipasi apabila ada KIPI. 

"Mereka diberi pelatihan agar mampu dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai vaksinator di wilayah NTT," tandasnya.

Rangkaian pemeriksaan dan pelayanan vaksinasi Covid 19 untuk satu orang diperkirakan sekitar 15 menit. Satu vaksinator diperkirakan mampu memberikan pelayanan maksimal 40-70 sasaran per hari. Dalam satu hari dapat dilaksanakan beberapa sesi pelayanan dengan jumlah sasaran per sesi pelayanan sekitar 10-20 orang.

Selain itu, personel Polda NTT juga melakukan sosialisasi protokol  kesehatan kepada pedagang dan pembeli di pasar Naikoten 1 Kota Kupang. Kasi Binkommas Subditpolmas Ditbinmas Polda NTT Ajun Komisaris Yunior Trimadya Duil mengatakan para pedagang diingatkan tidak lengah menerapkan protokol kesehatan, termasuk saat bertransaksi dengan pembeli.

"Kegiatan ini digelar rutin untuk memerikan pemahaman sekaligus pembinaan akan pentingnya menjaga kambtibmas dan disiplin protokol kesehatan di lingkungan pasar," katanya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT