13 July 2021, 19:50 WIB

Kapolresta Malang Kota Gelar Vaksinasi untuk 150 Anggota Ormas


Bagus Suryo | Nusantara

SEBAGAI salah satu upaya membantu percepatan vaksinasi covid-19, Polresta Malang Kota menggelar mengundang anggota organisasi kemasyarakatan. Mereka dipersilakan memanfaatkan kegiatan vaksinasi massal yang digulirkan kapolres Malang Kota, Ajun Komisaris Besar Budi Hermanto.

Kasubbag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan, kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan Polresta Malang Kota mendapat respon positif dari pengurus dan anggota ormas. Sebanyak 150 orang mendaftar.

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi massal, peserta yang berusia 18 tahun ke atas harus membawa surat rekomendasi dokter apabila memiliki riwayat penyakit tertentu. Mereka juga harus membawa catatan obat rutin yang dikonsumsi dan surat keterangan lainnya seperti foto copy KTP,” terang Marhaeni.

Ia menambahkan kegiatan ini bukan untuk pertama yang digelar Polresta Malang Kota. "Beberapa waktu lalu Polresta Malang Kota juga memfasilitasi vaksinasi bagi supeltas dan para tahanan."

Kapolresta Malang Kota, AKB Budi Hermanto mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut dilakukan untuk mendukung gerai vaksin Presisi.

"Jadi, pelaksanaan vaksinasi ini untuk mendukung gerai-gerai vaksin Presisi agar terbentuk kekebalan komunal, seperti yang disampaikan Kapolri dan Kapolda Jatim," ujarnya.

Budi menambahkan dalam kegiatan vaksinasi massal, pihaknya menyiapkan kuota vaksin untuk 150 orang.

"Targetnya memang teman-teman ormas. Kegiatan vaksinasi ini mendapat dukungan Dinas Kesehatan Kota Malang," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Buher itu juga mengungkapkan alasannya memilih anggota ormas sebagai penerima vaksinasi covid-19. "Peran Ormas sama dengan relawan. Mereka dengan ikhlas membantu tugas kepolisian, khususnya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melindungi diri di masa pandemi covid-19. Untuk itu, kami tergerak untuk memperkuat daya tahan tubuh mereka."

Marhaeni menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi tahap satu bagi anggota ormas ini mengunakan vaksin sinovac. Sementara vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan pada Agustus.

"Kegiatan ini adalah  vaksinasi dosis pertama. Mereka yang telah melakukan vaksinasi disini, akan menerima vaksin dosis kedua pada Agustus di tempat yang sama. Untuk vaksinnya, kami menggunakan Sinovac. Vaksin tersebut aman dan halal untuk digunakan," tandasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT